Diberdayakan oleh Blogger.

Merangsang Anak Percaya Diri

Istiqomah - Ayah dan bunda kita akan suka cita bila anak kita pemberani dan memiliki percaya diri yang tinggi, perkembangannya dimulai dari sejak dini, perlu stimulus untuk merangsangnya, lingkungan disekitanya sangat menentukan perkembangan kepercayaan diri anak. 

Ketika sudah mulai masuk usia prasekolah, sering-sringlah ngobrol dengannya, dengan menceritakan bahwa ia sudah besar dan sebentar lagi sekolah. Berikan gambaran padanya bahwa bersekolah itu menyenangkan-ia akan bertemu banyak orang baru dan belajar hal baru. 

Mempersiapkan dirinya sebelum terjun ke dunia luar akan membuat kadar percaya dirinya lebih tebal, sebab ia tahu apa yang kira-kira akan dihadapinya dan bisa jadi ia akan antusias untuk menghadapinya. Ada tip 4 P untuk ayah dan bunda.

  •  Pujian. Semakin sering memuji anak, semkin ia menjadi percaya diri. Hindari untuk terlalu sering menunjukkan keburukannya dan perbanyak memuji perilaku baiknya. Alihkan sikap kritis Anda kea rah yang lebih baik-selalu katakana padanya, bahwa Anda yakin dia pasti bisa.
  • Penerimaan. Berusaha menerima anak Anda apa adanya dan selalu menyampaikan kata-kata yang mendorongnya untuk maju. Melihat anak lain tampil lebih “bersinar” daripada anak Anda sendiri kadang-kadang bisa membuat Anda jadi cenderung ingin menuntut anak Anda lebih banyak. Padahal, tekanan yang terlalu besar malah akan membuat anak Anda frustasi.
  • Pemahaman. Tempatkan diri Anda pada posisi anak, Anda pun dulu juga pernah seusia dia, dan ingat kembali hal-hal yang bisa membuat Anda menjadi kurang percaya diri, ingat kembali perasaan apa yang bisa membuat Anda bisa demikian. Lalu, terapkan pada balita.
  • Positif. Segala hal yang positif akan membawa hasil yang positif pula. Jika Anda memberi perhatian lewat senyuman tulus, selalu menatap matanya dengan semangat, dan menunjukkan rasa tertarik akan apa yang ia lakukan itu membuatnya merasa aman dan nyaman, sehingga dengan sendirinya bisa berkreasi tanpa hambatan emosional apa pun.  

tpq alistiqomah kabil

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Merangsang Anak Percaya Diri yang dipublikasi Istiqomah Sampaikan, berita, artikel conten ini untuk kemanfaat ummat.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top