Diberdayakan oleh Blogger.

MENGENAL TPQ AL-ISTIQOMAH


A.     PENDAHULUAN
TPQ Al-Istiqomah Perumahan Kabil Raya RW VII, Kabil, Kec.Nongsa Pulau Batam, telah berdiri sejak Januari 2005. Semula kegiatan belajar TPQ Al-Istiqomah menempati rumah di blok E dan blok B2 hingga selesai pembangunan Masjid dan gedung semi permanen TPQ pada tahun 2006. Maka sejak dibangunnya TPQ secara semi permanen, kegiatan belajar dipindah dari rumah di blok E dan blok B. 

Seiring dengan makin bertambahnya warga yang tinggal di perumahan, santri tpq juga terus mengalami peningkatan jumlah muridnya. Saat pertama kali dibuka tpq, muridnya berjumlah 15 anak ( 9 laki-laki dan 6 perempuan ), pada tahun 2007 meningkat menjadi 75 anak, tahun 2011 pertumbuhannya sangat pesat yaitu menjadi 134 anak santri yang belajar di TPQ.
Gedung TPQ yang berjumlah 3 kelas dengan ukuran 3 x 4 dan 3 x 3, tidak lagi menampung, maka teras masjid dijadikan tambahan kelas.

B.     KEGIATAN

Keberadaan TPQ di tengah-tengah warga Perumahan Kabil Raya, semakin dirasakan kemanfaatnnya sehingga masyarakat makin mempercayakan pendidikan anak-anaknya, dengan memasukkannya sejak usia dini 4-5 tahun.
Seiring dengan makin dipercaya masyarakat, pengelola dan pengurus TPQ juga meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannya, yaitu dengan meningkatankan Kegiatan-kegiatan ekstra, penyusunan Kurikulum dan tertib Administrasi serta Manajemen pengelolaan TPQ Al-Istiqomah. Kegitan yang saat ini diselenggarakan dan sangat penting adalah :
1.      Kegiatan belajar mengajar (KBM)
2.      Kegiatan ekstrakurikuler (ekskul)
3.      Kegiatan guru-guru TPQ Al-Istiqomah
4.      Kegiatan Koordinasi dengan orang tua murid
5.      Kegiatan Koordinasi dengan TPQ di lingkungan Kecamatan Nongsa dan Kota Batam

1.      Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
KBM TPQ Al-Istiqomah sejak tahun 2010 telah diterapkan kurikulum baru, yang telah disusun oleh guru-guru TPQ Al-Istiqomah. Dengan kurikulum baru ini, diharapkan hasil KBM akan meningkat, bukan hanya dadi segi kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi juga kemampuan menghafal Al-Qur’an Juz 30, hadist-hadist pendek, do’a-do’a dan penguasaan berbagai ilmu-ilmu dasar Islam seperti aqidah akhlak, fiqih, dan sejarah islam.
Disamping kemampuan kognetif, ditanamkan juga kemampuan afektif, sehingga anak-anak memiliki akhlak yang baik, juga kemampuanpsikomotorik, berupa mempraktekkan apa yang telah dipelajari, sehingga anak-anak rajin melaksanakan sholat fardhu lima waktu. Dengan itu kelak mampu berdakwah kepada orang lain. Semua itu termuat dalam Kurikulum TPQ Al-Istiqomah.

KBM dilakukan sebagai berikut :
a.      Di gedung TPQ Al-Istiqomah (Semi permanen)
KBM di sini dilakukan setiap hari Senin-Kamis dan Sabtu, pada jam 08.00-09.00 kelas 1 dan 4,  jam 16.00 – 17.30 WIB untuk kelas 3-6,   dan jam 18.30 – 19.45 WIB kelas 7-8, dengan ditangani oleh 5 guru kelas.
b.      Di Masjid Al-Istiqomah
KBM di sini dilakukan dari hari senin-Jumat, dan Sabtu pada jam 16.00 – 17.15 WIB untuk kelas 4, ditangani oleh satu guru kelas.
2.       Kegiatan Ekstra Kurikuler
Beberapa kegiatan diluar pengajaran Al-Qur’an yang telah diselenggarakan oleh TPQ Al-Istiqomah adalah ;
a.      Pawai menyambut Ramadhan
Dilakukan menjelang tibanya bulan Ramadhan, sejak tahun 2011 M/1432 H kegiatan ini dilakukan, dengan tujuan :
-          Melatih anak untuk berdakwah melalui syiar Ramadhan
-          Mengondisikan murid-murid agar siap melakukan latihan berpuasa
-          Mengondisikan masyarakat untuk siap mengisi Ramadhan
-          Lebih mengenalkan TPQ Al-istiqomah di lingkungan sekitar perumahan

b.      Lomba poster menyambut Ramadhan
Kegiatan ini bertujuan :
-          Melatih kreativitas murid melalui tulisan dan gambar dengan tema sekitar Ramadhan
-          Menghargai hasil kerja murid dengan memberikan hadiah kepada para pemenang sesuai dengan tingkat usia
c.       Pesantren Ramadhan
Dengan tujuan ;
-          Mengisi liburan Ramadhan dengan pendalaman ajaran islam sesuai dengan metode pembelajaran bagi anak-anak.
-          Menjalin kerjasama pengajaran dengan guru lain diluar TPQ Al-Istiqomah
d.      Lomba Praktek Ibadah
Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi kegiatan Maulid Nabi SAW di Masjid Al-Istiqomah, dengan tujuan ;
-          Melatih praktek berwudhu yang benar
-          Melatih praktek adzan yang benar
-          Melatih praktek sholat yang benar
-          Menghargai prestasi murid
e.       Lomba PILDACIL
Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi kegiatan Maudulid Nabi SWA di Masjid Al-Istiqomah, dengan tujuan ;
-          Melatih keberanian murid untuk berbicara di depan umum
-          Mencari bibit unggul (dai cilik) dalam bidang da’wah
f.        Rihlah / Wisata
Rihlah adalah kegiatan pembelajaran dengan metode sisata, dengan tujuan ;
-          Penyegaran bagi murid dan guru sehingga menghasilkan semangat baru dalam kegiatan belajar mengajar
-          Untuk menguatkan ikatan hati antara murid, guru dan orang tua murid
g.      Khataman Juz 30 dan Wisuda
Program yang telah diterapkan sesuai dengan Kurikulum 2011 TPQ Al-Istiqomah adalah prosesi khataman juz ‘ama atau juz 30. Acara ini dilakukan sebagai penghargaan kepada murid-murid yang telah menyelesaikan bacaannya di juz 30 . Murid akan masuk ke juz 30 setelah lulus qiraati 4. Program ini ternya mampu memacu murid untuk semangat menyelesaikan juz ama karena nanti diramaikan dengan prosesi yang sangat meriah.

h.      Penampilan di Acara hari besar Islam
Murid TPQ Al-Istiqomah juga hadir dalam acara-acara besar Islam di Masjid Al-Istiqomah. Biasanya menampilkan operet, hafalan surat pendek, dan sebagai pembaca Al-Quran .

i.        Lomba Cerdas-cermat
Kegiatan ini bertujuan melatih kemampuan kognetif murid dalam ilmu-ilmu agama. Disamping itu, para peserta juga dilatih untuk bias mengungkapkan jawaban di hadapan orang banyak.

3.      Kegiatan Koordinasi dengan Orang Tua Murid
Kegiatan ini hanya diselenggarakan setiap akhir semester, yakni pada saat pembagian raport murid. Koordinasi juga dilakukan jika ada kegiatan yang memerlukan keterlibatan, dan partisipasi orang tua murid. Misalnya kegiatan khataman juz 30, pawai menyambut Ramadahan, dan SANLAT Ramadahan. Dalam rangka meningkatkan kesadaran orang tua terhadap pendidikan anaknya di TPQ. Maka TPQ Al-Istiqomah telah memberikan buku kurikulum TPQ Al-Istiqomah kkepada para orang tua murid.

4.      Kegiatan Koordinasi dengan TPQ Kecamatan Nongsa
Kegiatan ini sangat penting, karena bias untuk studi banding dalam penyelenggaraan KBM di TPQ Al-istiqomah yang lain. Disamping itu juga ada program peningkatan kemampuan guru yang diselenggarakan oleh persaturan guru TPQ se Kecamatan Nongsa (BMG) atau se0Kota Batam. Yang paling menguntungkan adalah diakuinya TPQ Al-Istiqomah sebagai lembaga yang resmi terdaftar di tingkat Kota Batam dengan Nomor Registrasi yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Agama.
Manfaat lain dari keikut sertaannya dalam kegiatan ini adalah diberikannya bantuan untuk guru-guru TPQ, yang mendapatkan bantuan setahun sekali.






tpq alistiqomah kabil

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul MENGENAL TPQ AL-ISTIQOMAH yang dipublikasi Istiqomah Sampaikan, berita, artikel conten ini untuk kemanfaat ummat.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top