Diberdayakan oleh Blogger.

Masuk Surga Sekeluarga

Istisqomah - AL QUR’AN merupakan kitab yang dapat memberi petunjuk kehidupan di dunia dan di akhirat. Untuk itu, sebelum menggapai sukses di akhirat yaitu dengan masuknya hamba ke dalam surga, maka kehidupan di dunia haruslah mengikuti cara Allah melalui kitabNya Al Quran.
Ir. Jamil Azzaini, MM., dalam acara Nuzulul Qur’an 1436 H pada Jum’at (3/7/2015) menjelaskan untuk menciptakan keluarga berperberadaban Islam yang bisa masuk surga sekeluarga, setidaknya orang tua harus menerapkan tiga prinsip.
Prinsip pertama, Family Value (nilai-nilai agama dalam keluarga) dengan ti rumus yang Jamil singkat dengan ACI (Allah, Care dan Integritas). “A” adalah Allah, maksudnya mendahulukan Allah sebelum bertindak.
“Allah dulu, Allah lagi, Allah terus,” jelas motivator ini di hadapan jamaah.
Care atau kepedulian, yang maknanya adalah anggota keluarga saling menanamkan sikap peduli. “Ketika anak saya bangunin saya tengah malam untuk curhat, maka saya akan bangun berwudhu dan mendengarkan curhatnya, karena saya care,” ujarnya.
Integritas adalah sikap saling menjaga perinsip yang sudah disepakati. “Jika seandainya di rumah ada yang simpenmakanan di kulkas, maka saya akan izin kepada yang punya sekalipun anak saya sendiri,” ucap Dosen Pascasarjana Institute Pertanian Bogor itu.
Prinsip kedua, menemukan potensi tiap anggota keluarga dan tidak memaksakan melakukan hal yang tidak bisa dikerjakannya. Atau tidak memaksakan anak untuk belajar atau ambil jurusan yang bukan bidang keahliannya.
“Maka tugas kedua orang tua adalah menemukan potensi anak dan mendidiknya sesuai potensinya,” ujarnya menggebu.
Prinsip ketiga, Synchronize (penyelarasan), proses penyatuan persepsi dalam keluarga sangat amatlah penting demi keutuhan keluarga berperadaban. Maka oleh sebab itu, Jamil merekomendasikan untuk melakukan penyelarasan pada empat hal; Vision (visi), Action (tindakan), Passion (sesuatu yang dicintai), Collaboration (kerjasama). 
[tamam/islampos]

tpq alistiqomah kabil

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Masuk Surga Sekeluarga yang dipublikasi Istiqomah Sampaikan, berita, artikel conten ini untuk kemanfaat ummat.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top